Sudah siap untuk mengikuti pendaftaran beasiswa dari DataPrint di periode kedua? Bagi pelajar atau mahasiswa transisi yang saat ini sudah memasuki tahun ajaran baru, sekarang lah saatnya untuk mengikuti program ini.
Siapkan data diri kamu dan buat essay semenarik mungkin dengan tema : “PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA DAN NILAI LUHUR BANGSA INDONESIA”

Ingat, buat essay seorisinal mungkin. Panitia lebih menghargai tulisan dari hasil pemikiran kamu sendiri dibandingkan dengan meng-copy paste tulisan orang lain tanpa menyertakan sumber aslinya.

Selamat berkarya!!

 

144 thoughts on “Tema Essay Periode 2

  1. 1. Data diri yang harus dipersiapkan untuk mahasiswa transisi apa saja??
    2. Yang lebih di utamakan menggunakan judul essay atau tidak??

    Terima kasih atas jawabannya..

    1. 1. Jangan buang raport semester terakhir di kelas 3 karena untuk pengisian kolom nilai, kamu menggunakan nilai raport. Sedangkan untuk kolom pendidikan diisi dengan nama perguruan tinggi yang kamu masuki saat ini.
      2. Penggunaan judul atau pun tidak, tidak mempengaruhi penilaian. Penilaian berdasarkan kreativitas dan tidak adanya copy paste dari sumber lain yang tidak mencantumkan sumber aslinya.

    1. Periode 2 berlangsung mulai tanggal 1 Agustus – 31 Desember 2011. Essay disertakan di formulir pendaftaran, bukan dikirim secara terpisah.

  2. kalau tadi saya ngisi esay karena gak tau temanya saya salah masukin kalu mau daftar lagi bisa??

    harus pke kode baru ya????

    1. Panitia memberikan kesempatan satu kali lagi kepada peserta yang salah memasukkan data. Tidak perlu menggunakan kode kupon yang baru.

      1. terima kasih saya akan memperbaikinya,,

        kalau saya SMK saya rangking 1 nilai saya jumlahnya 1445 dari 17 pelajaran dan di bagi menjadi 2 kelompok nilai Mata pelajharan biasa dan pelajaran jurusan itu bagaimana..

        apa di tulis 1 dengan nilai 1445 dari 17 pelajaran

    1. Tidak, beasiswa berlaku umum untuk pelajar dan mahasiswa. Peraturan dibuat untuk maba karena maba belum dapat mengikuti pendaftaran beasiswa di periode 1.

  3. pengumuman periode 1 kapan ya?
    truz kl misalnya periode 1 kita gagal boleh tidak dengan kode kupon yang kemarin kita gunakan lagi untuk mendaftar di periode 2?(tentunya dengan membuat essay lagi sesuai tema periode 2 ini)
    terimakasih sebelumnya 😀

  4. Assalamu’alaikum
    Maaf saya mahasiswa di salah satu perguruan negeri di INdonesia…
    Setelah saya cermati dibagian peraturan yang saya tangkap itu pengertiannya seperti ini :
    pendaftaran itu berdasarkan kupon, jadi pada dasarnya setiap orang bisa mengirimkan karyanya lebih dari 1?
    iya atau tidak ya? mohon penjelasannya saya masih agak bingung….
    Wassalamu’alaikum

    1. benar sekali, memang setiap orang bisa mengirimkan beberapa karya berbeda dengan kode kupon yang berbeda. tetapi kami akan menyeleksi dan mengeliminasi karya yang ada sehingga hanya satu karya saja yang diperbandingkan dengan peserta lainnya. ini dilakukan agar tidak ada satu peserta yang memperoleh beasiswa ganda. kami sarankan untuk membagi kupon kepada sahabat maupun saudara kamu agar mereka juga bisa berpartisipasi dan mendapatkan beasiswa.

  5. hallo,
    saya ada masukan nih..
    jika diperhatikan, tema essay yg periode 1 dan periode 2, sepertinya kurang seimbang bobotnya..
    tapi saya sangat mengapresiasi program2 seperti ini, yg memberikan kesempatan bagi pelajar di indonesia untuk berkontribusi terhadap pendidikan indonesia, melalui pemikiran dan ide2 yg dimiliki..
    thx
    🙂

    1. terima kasih atas sarannya. bobot penilaian tetap sama dengan periode 1, hanya saja tema essay yang diubah. tema yang ada sesuia dengan program Dataprint untuk memajukan pendidikan dan kreatifitas Indonesia.

  6. kalau misalnya saya mempunyai kode kupon data print lebih dari 1 .
    apakah boleh melakukan pendaftaran lebih dari satu juga ?
    untuk essay nya harus berbeda juga ?

    _Terima Kasih_ 🙂

    1. jika kamu memiliki kupon lebih dari 1, kamu bisa membaginya dengan sahabat atau saudara kamu agar mereka juga bisa mengikuti program ini. tapi jika tidak dibagi, kamu bisa menggunakan kupon tersebut untuk mendaftar dengan essay yang berbeda. terima kasih.

  7. saya ingin tanya
    saya ikut beasiswa periode kedua, namun saya salah membaca peraturan hingga saya mengirimkan essay periode I , namun saya meregistrasi ulang dengan mengirimkan essay tema periode II apakah itu valid? terima kasih

    1. Pendaftaran kamu dianggap valid. Peserta diberi kesempatan satu kali untuk mendaftar ulang jika terjadi kesalahan pada saat pengisian formulir pendaftaran.

  8. assalamualaikum…
    saya mau tanya pada bagian nilai rapor/peringkat kelas itu isinya bagaimana, apakah harus mengisi keduanya atau hanya mengisi salah satunya saja,dan pada kolom kegiatan yg di ikuti, kalau saya maba itu isinya bagaimana,,,????
    terima kasih atas jawabannya
    wassalam,,,

    1. pada kolom nilai rapor/peringkat kelas diisikan kedua-duanya baik nilai maupun peringkat yang kamu peroleh jika kamu memperoleh peringkat. sedangkan pada kolom kegiatan, kamu bisa isikan dengan kegiatan yang kamu ikuti pada masa SMA.

  9. bang dataprint.
    saya mau nanya.

    kalo misalnya saya kirim essay. berapa karakter ya??
    truz saya kan ikut periode 1 bisa tidak sya ikut periode 2 lagi.???

    makasih..

  10. rapot saya sudah dkumpul, saya lupa nilai keseluruhan. yang saya ingat hanya peringkat dan nilai rata-rata saya. bgmn? thx

  11. sa da sdkit saran.klo bisa,para pserta yg tlah mengirim hasil karyanya diberikan penilaian.pling tdk kita sbgai pserta tau smpai dmn batas kemampuan kita dalam membuat essai.wlaupun hanya ada 3 essai yg dnilai bgus dan dtentukan juaranya,alangkah bagus tiap peserta diberikan penilaian terhadp hasil karyanya supaya bisa dijadikan tolak ukur dan menambah spirit untuk smakin sering untuk mencoba membuat essai.makasih sebelumnya!?!

    1. terima kasih untuk sarannya. memang semua essay yang masuk kami nilai, mas. justru bobot penilaian paling besar terletak pada essay yang dikirimkan, setelah itu barulah nilai akademis dan keaktifan berorganisasi.

    1. Kode kupon Dataprint diperoleh jika kamu membeli produk tinta maupun kertas Dataprint periode 2011 berlogo 700 Beasiswa & Kado Pendidikan Dataprint.

  12. dmana sy bisa dptkan kertas data print yg berlogo 700 beasswa dataprint? sy tinggal di daerah mataram, NTB. karena yg sy tahu dan sy beli hanya tinta saja. trmksh.

  13. dan apakah ada tinta dataprint yg berlogo beasswa data print untuk printer canon tipe iP2770? prntr pertama sy mggnkn dtaprint namun skrg sy bru sj mggnti printer dgn printer yg sy sbtkan td,, dan sy ingin mngisi ulg prntr tsbt dgn tnta dataprnt.. trmksh

    1. untuk Canon IP 2770, bisa menggunakan tinta Dataprint. Tinta hitam gunakan DP-40 dan untuk tinta warna gunakan DP-41. Untuk semua produk Dataprint, ada kupon untuk mengikuti Beasiswa Dataprint maupun undian Kado Pendidikan Dataprint.

  14. saya sudah mendaftar beasiswa periode 1, tapi saya tidak tahu pengumuman penerima beasiswa periode 1. apakah saya menerima beasiswa pada periode 1?

    1. pengumuman pemenang periode 1 akan dilaksanakan pada 10 Agustus 2011. Silahkan cek nama kamu pada tanggal 10 Agustus yaa..

  15. Assalamualaikum,
    saya mau tanya perihal tema essay peride 2.
    apakah teknologi dalam tema tersebut itu merupakan teknologi yang sudah ada atau teknologi baru?
    terima kasih

    1. teknologi yang disebutkan di dalam tema adalah teknologi yang sudah ada, maupun teknologi terbaru yang baru saja ada.

  16. wauh saya lupa.,.,tdi saya malah ngisi essay tuk periode 1 dh saya kirim lwt pendaftaran.,.apakah bisa dikirim ulang dengan jawaban essay periode 2???tks

  17. 1. saya daftarkan buat anak saya. tapi anak saya ini setelah kelas 3 smp dalam tahun ajaran 2011/2012 ini dia pindah skolah jadi gimana cara nya untuk mengisi data sklah dan nilai rapornya. tolong penjelasan dan petunjuk pendaftaran.
    2. anak saya yang kedua ini baru masuk smp kelas satu otomatis dia belum punya nilai rata-rata di smp gimana caranya.
    3. istri saya skarang masuk kuliah lagi apa bisa di daftar juga? lalu dia juga belum punya IPK,?? makasioh ya…

    1. Silahkan mengikuti periode yang sedang berjalan, gunakan data diri dan nilai rata-rata yang terakhir. semoga berhasil.

  18. rapot saya sudah dkumpul, jadi saya lupa nilai keseluruhan. yang saya ingat hanya peringkat dan nilai rata-rata saya. bgmn? thx

    1. jika kamu sudah menang di periode 1, maka tidak boleh mendaftar kembali di periode 2. hal ini kami terapkan agar beasiswa yang kami berikan dapat terdistribusi secara merata.

  19. mau nanya nm saya udah terlampir sebagai pemenang tetapi ada yang lebih,,,nm asli saya PUTRI AWATI NINGSIH tetepi pada pengumuman da kesalahan yang bgian nm tengah saya di tulis AWANTI nah,,,ni keslahan dari saya atau pihak data print,,,,dan jadi masalah ngaak?

  20. Kpan pengumuman beasiswa yang kado pendidikan?
    Apakah boleh ikut beasiswa kado pendidikan sekaligus dengan beasiswa periode 2 dengan menggunakan kode yang sama?
    Terima kasih

    1. pengumuman pemenang undian kado pendidikan akan dilaksanakan pada pertengahan September 2011. Pendaftar diperbolehkan mengikuti beasiswa maupun undian kado pendidikan dengan kode kupon yang sama. tetapi kode kupon yang sudah digunakan pada periode 1 tidak dapat digunakan kembali.

  21. Asskum Data Print…
    Mau tnya, di form pendaftaran bag. essay saya salah masukan tema yang periode 1 padahal sudah periode 2, apa saya masih bisa mendaftar lagi dan mengganti essaynya sesuai tema di periode 2..??
    Trima kasih.. 🙂

  22. saya mau nanya… priode pertamakan sayaaa ikut trus pake transkip nilai semestr 1 sekarang transkip nilai smster 2 saya blum keluar apa masih bisa pakee transkip nilai smster 1???

  23. Maaf,Pak/Bu..
    Mau tanya, kalo nilai rapot semester 1 kan dibagi 2, praktek dan ujian tulisan, apakah harus ditulis jumlah nilai keduanya? Terimakasih ya Pak:)

    1. Maaf, maksudnya yang semester 2.. Soalnya untuk semester 1 di kelas 3 baru keluar nilainya bulan desember.. Mohon pencerahannya 🙂

  24. Saya ingin bertanya, pada periode pertama kemarin saya belum menang, apakah saya boleh mendaftar lagi di periode ke 2? dan saya saat ini memiliki 5 kupon (2 diataranya sudah saya gunakan pada periode pertama), jadi apakah saya boleh mendaftarkan ke-3 kupon yg masih saya miliki? terima kasih

  25. mau tanya…skrg saya duduk di kls 2 sma,rata-rata raport yang harus di tulis smst 1 kls 1,smstr 2 kls 1 atau boleh pilih?hehe…
    thnk’s

  26. siang dataprint..
    saya sangat berminat mengikuti program beasiswa ini
    saya mahasiswa yg awal bulan september nanti sudah semester 3
    tapi untuk sekarang belum menerima transkip nilai semester 2 dan belum tahu kepastian kapan akan menerima transkip nilai semester 2 itu.. oleh sebab itu pada kolom nilai ipk yg ada di pendaftaran apakah saya boleh terlebih dahulu mengisinya dengan ipk semester 1 atau tidak???
    -lalu jika saya mengirimkan sebuah essay yg memuat kata yg melebihi batas maksimal 500 kata yg telah ditetapkan sebelumnya, apakah essay saya tersebut bisa diikutsertakan dalam proses seleksi atau saya langsung di diskualifikasi tanpa pihak panitia membaca essay saya tersebut, atau dapat diikutsertakan dalam seleksi tetapi akan ada pengurangan nilai dalam proses penilaiannya??
    terimakasih…..

    1. maaf ini saya mau nanya lagi,tadi saya sempat baca prtanyaan dri kwan2 yg lainnya di atas td ada yg nnya pnulisan essayny mksimal brpa krakter? trus dri pihak dtaprint mnjwab nya mksimal 578 krakter…
      -yg ingin sya tnyakn ini sbnernya praturan pnulisan essaynya yg mksimal 500 kata atau karakternya yg mksimal 578..??
      soalnya kalau kita buat essay dg 500 kata maka karakter di essay kita kira-kira akan 3000 karakter ke atas baik tanpa spasi maupn pake spasi…

    2. Jika sampai tanggal penutupan nilai IPK terakhir kamu belum keluar, boleh menggunakan IP terakhir.
      Penilaian essay bukan hanya berdasarkan jumlah kata tapi juga ide yang kamu tuangkan dan tidak ada copy paste dari tulisan orang lain sama sekali.

  27. pagi,,, sy sudah selesai mendaftar untuk periode ke 2,, dmn bisa di lihat apa saya benar2 sudah terdaftar atau belun soal nya sy kurang yakin???
    terimakasih

  28. maaf, mau tanya, di peraturan kan ditulis pemenang berdasarkan prestasi dan esay, nah prestasi dimasukkan ke kegiatan atau bagaimana? terimakasih sebelumnya 🙂

  29. bismillah, permisi numpang nanya, saya hendak ikut di periode ke-2, apa semua kolom pendaftaran wajib diisi? sdgkan saya mahasiswa baru smt 1,utk nilai raport (pelajar)/ipk terakhir mahasiswa gmn cara ngisinya? mohon pencerahannya… terima kasih…

  30. karena saya merupakan penduduk sumenep yang berasal dari keluarga kurang mampu, saya berharap ada sedikit bantuanlah untuk dapat melanjutkan studi saya di universitas trunojyo. karena hanya ada tekad dalam diri saya untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi ini, namun saya harus melunasi biaya yang sangat besar yang sampai hari ini saya masih belum melunasi nya, sehingga kami terancam untuk mundur karena kekurangan biaya.

    1. silahkan coba ikuti program beasiswa periode 2 dari DataPrint. daftarkan dirimu dengan data2 yang benar dan kirim essay sesuai tema. semoga beruntung.

  31. mau tanya kalau essay periode 2 yang berjudul MEMPERTAHANKAN BUDAYA DAN NILAI LUHUR BANGSA MELALUI TEKNOLOGI DENGAN METODE P3K sudah diterima oleh pihak data print?
    saya takutnya belum terkirim..maaf sebelumnya
    terima kasih

    1. Apabila setelah kamu klik “submit” muncul keterangan “Registrasi berhasil” , artinya formulir pendaftaran kamu sudah masuk ke database panitia beasiswa.

  32. mau tanya dong mas, itu kan beasiswanya langsung disubmit beserta pendaftaran online, berarti kalo kita nulis di awal pake word, food note kita gak keliatan dong yah waktu di copast di pendaftaran online ? takut disangka plagiarisme mas, gimana dong ? tks

    1. Di bagian akhir essay, tuliskan sumber-sumbernya supaya panitia dapat mengetahui bahwa tulisan kamu bukan sekedar copy paste dari tulisan orang lain.

      1. okeee mas siap. kemudian saya mau nanya lagi nih, referensi kita nanti masuk itungan dalam jumlah kata atau tidak ya ? maksimal kata kan 500 kata ya mas, nah 500 itu essay plus referensi atau essay aja ? tks

  33. mas/mba admin, saya udah ngirim essay, tapi lupa nggak kasih judul, itu bagaimna mas? apa harus registrasi ulanng atau bagaimana?kan 1 kupon itu satu kali registrasi..

    1. Kode kupon berupa huruf sebanyak 11 karakter yang tercantum di bagian belakang kupon yang ada di dalam produk tinta dan kertas DataPrint.

  34. saya sudah daftar sudah buat essay sudah isi data dan saya kirim registrasi berhasil tapi waktu saya lihat lagi kuponnya dibagian bawah sendiri tertulis masa berlaku kupon sampai dengan 31 desember 2010 . nah apa berarti sudah tidak bisa digunakan lagi untuk daftar beasiswa ini?

    1. Kupon tersebut tidak dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa. Kupon yang dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa terdapat di dalam produk dengan logo “700 beasiswa & kado pendidikan” dan berlaku sampai tanggal 31 Desember 2011.

  35. saya mempunyai 2 kupon dataprint. apakah bisa mendaftar beasiswa dengan 2 kupon? dengan data pribadi yang sama, apakah harus dengan essay yang berbeda?
    atau hanya cukup mendaftar dengan satu kupon saja?

    1. Bisa dong, tapi sebaiknya kamu membuat essay yg berbeda karena panitia nantinya akan mengambil nilai yg paling tinggi dari kedua formulir pendaftaran yg kamu submit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *