Sekali lagi panitia menegaskan dilarang mengcopy paste tulisan orang lain. Dari formulir pendaftaran yang diterima, panitia menemukan beberapa essay yang mengcopy paste tulisan orang lain tanpa disebutkan sumbernya. Panitia memperbolehkan peserta untuk mencantumkan data untuk bukti pendukung, dengan catatan HARUS menyertakan sumber (penulis atau website). Dengan adanya peraturan ini diharapkan peserta belajar menghargai hak cipta dan menggunakan kemampuan sendiri untuk menulis essay.

Tunjukkan kreativitas kamu dan buktikan kamu berhak menerima beasiswa dari DataPrint!

85 thoughts on “Dilarang Copy Paste Tulisan Orang Lain!

  1. saya sudah mendaftar, tetapi saya tidak yakin jika essay saya sudah melebihi 100 kata. Bisakah saya mengirim ulang dengan kode kupon yang sama?
    jika saya gagal di periode 1, bisakah saya mengikuti periode 2 dengan kode kupon yang sama?

    1. Boleh, tapi kami membatasi hanya boleh sekali diulang.
      Untuk pendaftaran di periode kedua, peserta diharuskan menggunakan kode kupon yang berbeda.

      1. Sebelumnya essay saya masih belum benar. . kemudian sudah saya perbaiki dan registrasi ulang dengan kode kupon yang sama. . Bagaimana caranya untuk melihat status registrasi ulang saya (sudah benar atau belum).?? karena tidak ada pemberitahuan setelah saya reg. ulang. .

  2. mas, kalo essay saya lebh dari 100 kata oleh gak? Soalnya gak cukup buat nulis daftar pustakanya… Mas, kalo kita mengutip tapi hanya disertakan nama penulis dan tahun boleh tidak (jadi tidak ada dftr pustaka di bagian bawah)
    contoh:

    blablablabala (namapenulis, 2005), gitu?

    1. Berdasarkan peraturan, untuk penulisan essay minimal 100 kata dan maksimal 500 kata. Tapi kami masih memberi batas toleransi hingga 570 kata.
      Penulisan sumber dengan menyebutkan nama pengarang dan tahun penerbitan diperbolehkan, tanpa perlu menuliskan daftar pustaka di bagian bawah artikel.

  3. ass,
    mas mau nanya nih karya tulis saya tadi itu kayaknya sam dengan artikel atau sejenis nya?
    blh ngk yach?
    kalau salah mau saya ulangin..
    mohon info yang secepatnya.
    trimakasih.
    wss.

    1. Essay yang dimaksud untuk pendaftaran memang berupa artikel yang berisikan opini mengenai tema yang telah ditentukan.

    1. Judul bebas tapi susun sesuai dengan tema yang sudah ditentukan, yaitu “apa fokus utama yang perlu diperbaiki dalam dunia pendidikan?”

  4. kalau mau ngedit essay yang salah bagaimana ya caranya? apakah mendaftar lagi seperti waktu daftar pertama kali? terima kasih

    1. Kegiatan yang kamu ikuti di sekolah/kampus serta kegiatan yang kamu ikuti di luar lingkungan sekolah/kampus.

  5. assalamualaikum
    saya mau tanya, saya baru saja buka artikel ini dan membaca comment-comment nya. di peraturan tidak ada kewajiban memberi judul kan? essay saya sudah saya submit tapi tidak pakai judul

    1. klik tab “news” dan silakan baca contoh kode kupon. Di artikel tersebut, kami telah menjelaskan dimana letak kode kupon untuk pendaftaran.

    1. Boleh, tapi untuk kutipan sebaiknya tuliskan sumber yang jelas. Penulisan kutipan tanpa mencantumkan sumber, kami anggap copy paste.

  6. oia… siapa tw nih aq dapet… email aq di blokir,,, trus gimana ya??? tadinya nita tapi sekarang uda diganti jadi nitha… embel-embelnya sama… thanks….

  7. saya mau tanya, saya bulan lalu baru lulus SMA dan meneruskan kuliah di salah satu univ negeri tetapi perkuliahannya baru akan dimulai agustus mendatang. Dengan begitu otomatis pada saat ini saya tidak ada kegiatan organisasi apapun sedangkan ketika saya SMA saya aktif di beberapa organisasi. Jdi apa status pendidikan saya untuk diisikan k formulir? SMA ataukah Peguruan Tinggi? ataukah saya tidak memenuhi syarat?
    terimakasih, ditunggu jawabannya.

  8. dear admin
    jika nanti terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa dari data print . selain transkrip ipk … berkas apalagi yang diperlukan untuk pengambilan dana beasiswa??
    apakah perlu surat ket bebas narkoba dan organisasi di kampus ?
    makasih admin 🙂 reply please

    1. Berkas yang diperlukan yaitu fotocopy KTP dan jika kamu mencantumkan prestasi/kegiatan tingkat nasional/internasional maka panitia juga akan meminta fotocopy sertifikat dari kegiatan tersebut.

  9. asslmu’alaikum,,
    mw tanya ne,,,, sy lihat d kupon data print kok juga ada pengiriman lewat sms y,,itu maksudnya apa,,,
    mohon jawabannya y,,,
    timakasih

    1. Pengiriman kode kupon + data yang diminta untuk mengikuti program kado pendidikan. Pemenang diperoleh dengan cara diundi.

        1. Jika kamu terpilih sebagai penerima beasiswa, maka panitia akan meminta pendaftar untuk mengirimkan fotokopi kartu identitas, transkrip nilai/fotokopi raport, dll.

    1. Saat Anda melakukan pendaftaran, akan ada notifikasi ‘terkirim’ tu artinya pendaftaran Anda sudah kami terima.

    1. Kami tidak membatasi tingkatan semester mahasiswa. Yang dibatasi adalah mereka yang masih berstatus calon mahasiswa dan calon pelajar SMP/SMA karena data sekolah/universitas mereka masih belum jelas dan nilai yang digunakan belum tersedia. Selain itu, mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi dan mahasiswa pascasarjana juga tidak dapat mengikuti program ini.

      1. Loh mas gimana sih?? diperaturan awalnya gak ada ketentuan mahasiswa semester akhir gak bole ikut
        🙁
        katanya selagi masih mahasiswa aktif, yang lagi penelitian maupun yang lagi nulis skripsi kan masih terdaftar sebagai mahasiswa & masih selalu ada di kampus bukanlah seorang sarjana atopun ud lulus.
        dan belum tentu juga walaupun sudah nyusun skripsi komprenya lulus, & bagaimana klo nantinya lanjut S2!
        9imana sih mas? :'(

        *saya baru tau peraturan ini sekarang…

        1. Alasan pihak Dataprint membatasi mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi adalah agar dana yang diberikan dapat digunakan untuk membantu pendidikan kamu. Jika kamu sudah di tahap skripsi dana beasiswa yang diberikan dikhawatirkan tidak digunakan sesuai tujuan awal. Beasiswa ini memang terbatas bagi mahasiswa maksimum S1 karena bagi mahasiswa S2, sudah memiliki dana untuk melanjutkan pendidikan mereka.

    1. Essay dikirim melalui kolom essay. Semua pendaftar beasiswa mengirim essay melalui kolom tersebut. terima kasih.

    1. Mencantumkan sumber dalam hal ini adalah mengambil fakta maupun opini dari orang lain, yang terkait ataupun mendukung opini Anda di dalam essay. BUKAN menCOPY tulisan orang lain. Terima kasih.

    1. Bisa, kode juga dapat digunakan untuk mengikuti program Kado Pendidikan dengan cara mengirimkan SMS kode kupon beserta data yang diminta.

  10. di perat tertulis “tidak sedang menerima beasiswa dari perusahaan lain”, apa beasiswa dari fakultas mahasiswa terkait termasuk “beasiswa dari PERUSAHAAN lain”??

    1. Beasiswa yang Anda terima dari Universitas tidak termasuk beasiswa dari perusahaan lain. Jadi, Anda masih memiliki kesempatan mengikuti penyeleksian beasiswa yang diselenggarakan oleh Dataprint.

  11. mau nnya nih:
    1. klo punya 2 kupon, boleh dftar 2 kali ga??

    2. klo essay.nya asli pemikiran sendiri tanpa lihat opini atau kutipan org lain boleh aja kan??

    3. seandainya saya tidak dpt beasiswa ini pd periode 1, bolehkh menggunakan kupon yg sama pada periode 2??
    terima kasih

    1. 1. Boleh, tapi sebaiknya essay dibuat berbeda.
      2. Essay berdasarkan pemikiran sendiri malah lebih bagus daripada sekedar copy paste tulisan orang lain 🙂
      3. Untuk mendaftar di periode berikutnya, gunakan kode kupon yang berbeda.

  12. permisi,
    sy mau tnya , di persyaratan kan hrus ada IPK nya, sdgkan sy skrg sem.2 ke sem.3 .
    tapi, nilai di sem.2 blm semuanya kluar, jdi IP nya blm kluar komplit juga .
    blh ga pake IP sem 1 ? makasih

      1. belum tau,
        tapi saya sudah mendaftar dg mengisi IP sem.kemarin. bgmn ya ? lalu, setelah ada pemberitahuan pendaftaran berhasil tidak ada pemberitahuan macam2 lagi ya ? langsung hilang data yg kita kirim ?

        1. Jika sampai mendekati batas akhir pendaftaran periode pertama, nilai semester belum keluar sepenuhnya, kamu bisa memakai IPK semester sebelumnya.
          Apabila setelah submit formulir pendaftaran, muncul keterangan “registrasi berhasil” artinya formulir kamu sudah masuk ke database panitia.

    1. Pengumuman akan dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2011. Tema essay periode 2 akan diumumkan pada pembukaan periode 2.

  13. maff . saya baru mengetahui info ini , saya mau bertanya saya sekarang duduk di smster 5 namun saya memiliki beberapa prestasi ditingkat Provinsi dan nasional namun pada saaat saya SMA apakah saya dapat menyertakannya yah ? mohon infonya

  14. apakah peserta yang mengikuti program beasiswa juga diperbolehkan untuk mengikuti undian via sms dan apakah kesempatannya sama? serta apakah pengiriman sms harus sebanyak-banyaknya? Terimakasih

    1. peserta beasiswa diperbolehkan mengikuti program undian kado pendidikan. pengiriman sms untuk setiap kode unik hanya boleh 1 kali. kecuali kamu memiliki banyak kupon dengan kode yang berbeda.

  15. Pengumuman periode 1 dilaksanakan pertengahan agustus kan?
    Apakah selain melalui web resmi dataprint dan telp juga diumumkan melalui email?
    karena ditakutkan apabila pertengahan agustus itu ada yang no.telp.nya ganti,
    terimakasih.

    1. Kami akan pastikan peserta yang lolos seleksi dapat dihubungi. Jika melalui website, media cetak dan telepon tidak dapat, maka kami akan menggunakan email juga tentunya.

  16. KALO INFORMASI DARI BERITA TELEVISI SEBAGAI BAHAN ANALISA APA JUGA DIBIKIN SUMBERNYA?? KAN CUMA SEBAGAI REFENSI BERPIKIR MBAG,MAS

    1. Jika informasi tersebut berasal dari berita yang valid dan memang ditayangkan, sebaiknay ditulis sumbernya, dari program berita apa, ditayangkan pada jam dan hari apa.

      1. saya udah terlanjur ngirim sblm nanya ini mbag,mas 🙁
        smua sumber saya tonton & baca langsung dr metronews.com & jg dr pngetahuan.
        hnya saja dlm penulisan saya memakai analisa dalam sudut pandang saya sndiri krna tidak mengutip kata2 dr berita hanya mengambil pencontohan kasus…
        hilang deh harapan 🙁

  17. sy sdh klik submit saat mengisi formulir di bagian pendaftaran, terus muncul registrasi gagal. sy ulangi lagi mengisi formulirnya, ternyata muncul registrasi berhasil.
    apakah tindakan sy tsb termasuk mendaftar 2 kali dg kode kupon yg sama? coz yg pertama muncul registrasi gagal jadi terpaksa sy ulang lg isi form-nya

    1. Jika registrasi kamu gagal, maka tidak masuk di dalam sistem kami. Yang masuk adalah registrasi berhasil sehingga itu tidak termasuk double-registration.

  18. maaf sebelumnya..
    mau nanya, apa boleh melakukan pendaftaran ulang dengan kode yang sama?? karena terdapat kesalahan pada saat penulisan esay, awalnya saya blm membaca peraturan bahwa esay itu di isi untuk menjawab pertanyaan..
    oleh karena itu saya ingin mendaftarkan ulang lagi debgan kode yang sama serta menjawab pertanyaan esay yg diberikan
    terima kasih

  19. jika dataprint menemukan tulisan ttg PERPUSTAKAAN di http://www.memorymamoru.blogspot, itu blog adalah milik saya, dan saya akan hanya mempostingkan tulisan2 saya yang sudah dilombakan dan menang. kalau kalah biasanya akan saya ikutkan lomba lagi biar menang, dan kemudian baru dipostingkan. terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *